• At-Tuhfatus Saniyyah

    Kitab Nahwu - At-Tuhfatus Saniyyah












    Tanda-tanda Isim 





    وَالۡإِسۡمُ يُعۡرَفُ بِالۡخَفۡضِ وَالتَّنۡوِينِ
    وَدُخُولِ الۡأَلِفِ وَاللَّامِ وَحُرُوفِ الۡخَفۡضِ وَهِيَ: مِنۡ وَإِلَى وَعَنۡ
    وَعَلَى وَفِي وَرُبَّ وَالۡبَاءُ وَالۡكَافُ وَاللَّامُ وَحُرُوفُ الۡقَسَمِ
    وَهِيَ: الۡوَاوُ وَالۡبَاءُ وَالتَّاءُ.


    Isim dikenali dengan khafdh, tanwin, masuknya alif dan lam,
    dan masuknya huruf khafdh, yaitu:
    مِنۡ
    ,إِلَى ,عَنۡ ,عَلَى ,فِي ,رُبَّ ,الۡبَاءُ
    ,الۡكَافُ ,اللَّامُ,
    dan huruf sumpah yaitu huruf wawu, huruf ba`, dan huruf ta`.





    وَأَقُولُ: لِلْإِسْمِ عَلَامَاتٌ
    يَتَمَيَّزُ عَنْ أَخَوَيْهِ الْفِعْلِ وَالْحَرْفِ بِوُجُودِ وَاحِدَةٍ مِنْهَا
    أَوْ قَبُولِهَا، وَقَدْ ذَكَرَ -رَحِمَهُ اللهُ- مِنْ هَذِهِ الْعَلَامَاتِ
    أَرْبَعَ عَلَامَاتٍ، وَهِيَ: الْخَفْضُ وَالتَّنْوِينُ وَدُخُولُ الْأَلِفِ
    وَاللَّامِ وَدُخُولُ حَرْفٍ مِنْ حُرُوفِ الْخَفْضِ.


    Isim memiliki
    tanda-tanda yang membedakan dari dua saudaranya fi’il dan huruf dengan adanya
    satu dari tanda-tanda itu atau bisa menerima tanda-tanda tersebut. Beliau
    rahimahullah telah menyebutkan dari tanda-tanda ini empat tanda, yaitu: khafdh,
    tanwin, masuknya alif dan lam, dan masuknya satu huruf dari huruf-huruf khafdh.


    أَمَّا الْخَفْضُ فَهُوَ فِي
    اللُّغَةِ: ضِدُّ الْإِرْتِفَاعِ، وَفِي اصْطِلَاحِ النُّحَاةِ: عِبَارَةٌ عَنِ
    الْكَسْرَةِ الَّتِي يُحْدِثُهَا الْعَامِلُ أَوْ مَا نَابَ عَنْهَا، وَذَلِكَ
    مِثْلُ كَسْرَةِ الرَّاءِ مِنْ (بَكْرٍ)، وَ(عَمْرٍو) فِي نَحْوِ قَوْلِكَ:
    (مَرَرْتُ بِبَكْرٍ) وَقَوْلِكَ: (هَذَا كِتَابُ عَمْرٍو) فَبَكْرٌ وَعَمْرٌو
    اسْمَانِ؛ لِوُجُودِ الْكَسْرَةِ فِي آخِرِ كُلِّ وَاحِدٍ مِنْهُمَا.


    Khafdh secara bahasa
    adalah lawan dari tinggi. Secara istilah ahli nahwu artinya ungkapan dari
    kasrah yang disebabkan amil tertentu atau yang mengganti kasrah. Contohnya
    kasrah pada huruf ra` dari kata
    بَكْرٍ dan عَمْرٍو
    seperti pada ucapanmu:
    مَرَرْتُ بِبَكْرٍ dan هَذَا كِتَابُ عَمْرٍو. Bakr dan ‘Amr adalah dua isim, karena adanya tanda kasrah pada
    akhir setiap katanya.


    وَأَمَّا التَّنْوِينُ فَهُوَ فِي
    اللُّغَةِ: التَّصْوِيتُ، تَقُولُ: (نَوَّنَ الطَّائِرُ) أَيْ: صَوَّتَ، وَفِي
    اصْطِلَاحِ النُّحَاةِ هُوَ: نُونٌ سَاكِنَةٌ تَتْبَعُ آخِرَ الْإِسْمِ لَفْظًا
    وَتَفَارَقَهُ خَطًّا لِلْإسْتِغْنَاءِ عَنْهَا بِتِكْرَارِ الشَّكْلَةِ عِنْدَ
    الضَّبْطِ بِالَْقَلَمِ، نَحْوُ: مُحَمَّدٍ وَكِتَابٍ وَإِيهٍ وَصهٍ وَمُسْلِمَاتٍ
    وَفَاطِمَاتٍ وَحِينَئِذٍ وَسَاعَتَئِذٍ. فَهَذِهِ الْكَلِمَاتُ كُلُّهَا
    أَسْمَاءٌ، بِدَلِيلِ وُجُودِ التَّنْوِينِ فِي آخِرِ كُلِّ كَلِمَةٍ مِنْهَا.


    Adapun tanwin secara
    bahasa adalah bersuara, contoh:
    نَوَّنَ
    الطَّائِرُ
    yakni burung itu bersuara. Secara
    istilah ahli nahwu artinya nun sukun yang mengikuti pada akhir isim secara
    lafazh. Dan yang membedakannya dari garis yang sudah ada adalah dengan
    mengulangi harakat ketika penulisan. Contoh:
    مُحَمَّدٍ
    وَكِتَابٍ وَإِيهٍ وَصهٍ وَمُسْلِمَاتٍ وَفَاطِمَاتٍ وَحِينَئِذٍ وَسَاعَتَئِذٍ
    . Kata-kata tersebut semuanya adalah isim dengan bukti adanya
    tanwin pada akhir setiap katanya.


    الْعَلَامَةُ الثَّالِثَةُ مِنْ
    عَلَامَاتِ الْإِسْمِ: دُخُولُ (أَلْ) فِي أَوَّلِ الْكَلِمَةِ، نَحْوُ (الرجل
    وَالغلام والفرس والكتاب والبيت والمدرسة) فَهَذِهِ الْكَلِمَاتُ كُلُّهَا أَسْمَاءٌ
    لِدُخُولِ الْأَلِفِ وَاللَّامِ فِي أَوَّلِهَا.


    Tanda ketiga dari
    tanda-tanda isim adalah masuknya
    أَلْ pada awal kata. Contoh: الرجل
    وَالغلام والفرس والكتاب والبيت والمدرسة
    ,
    kata-kata tersebut semuanya adalah isim karena diawali alif dan lam.


    الْعَلَامَةُ الرَّابِعَةُ:
    دُخُولُ حَرْفٍ مِنْ حُرُوفِ الْخَفْضِ، نَحْوُ (ذَهَبْتُ مِنَ الْبَيْتِ إِلَى
    الْمَدْرَسَةِ) فَكُلٌّ مِنَ (الْبَيْتِ) وَ (الْمَدْرَسَةِ) اسْمٌ، لِدُخُولِ
    حَرْفِ الْخَفْضِ عَلَيْهِمَا وَلِوُجُودِ (أَلْ) فِي أَوَّلِهِمَا.


    Tanda keempat adalah
    diawali huruf khafdh. Contoh:
    ذَهَبْتُ
    مِنَ الْبَيْتِ إِلَى الْمَدْرَسَةِ
    ,
    kata
    الْبَيْتِ
    dan
    الْمَدْرَسَةِ
    adalah isim, disebabkan diawali huruf khafdh dan adanya
    أَلْ
    di awal kata.


    وَحُرُوفُ الْخَفْضِ هِيَ: (مِنْ)
    وَلَهَا مَعَانٍ: مِنْهَا الْإِبْتِدَاءُ، نَحْوُ (سَافَرْتُ مِنَ الْقَاهِرَةِ)
    وَ (إِلَى) وَمِنْ مَعَانِيهَا الْإِنْتِهَاءُ، نَحْوُ (سَافَرْتُ إِلَى
    الْإِسْكَنْدَرِيَّةِ) وَ (عَنْ) وَمِنْ مَعَانِيهَا الْمُجَاوَزَةُ، نَحْوُ
    (رَمَيْتُ السَّهْمَ عَنِ الْقَوْسِ) وَ (عَلَى) وَمِنْ مَعَانِيهَا الْإِسْتِعْلَاءُ،
    نَحْوُ (صَعَدْتُ عَلَى الْجَبَلِ) وَ (فِي) وَمِنْ مَعَانِيهَا الظَّرْفِيَّةُ،
    نَحْوُ (الْمَاءُ فِي الْكُوزِ) وَ (رُبَّ) وَمِنْ مَعَانِيهَا التَّقْلِيلُ،
    نَحْوُ (رُبَّ رَجُلٍ كَرِيمٍ قَابَلَنِي) وَ (الْبَاءُ) وَمِنْ مَعَانِيهَا
    التَّعْدِيَّةُ، نَحْوُ (مَرَرْتُ بِالْوَادِي) وَ (الْكَافُ) وَمِنْ مَعَانِيهَا
    التَّشْبِيهُ، نَحْوُ (لَيْلَى كَالْبَدْرِ) وَ (اللَّامُ) وَمِنْ مَعَانِيهَا
    الْمِلْكُ نَحْوُ (الْمَالُ لِمُحَمَّدٍ) وَالْإِخْتِصَاصُ نَحْوُ (الْبَابُ
    لِلدَّارِ، وَالْحَصِيرُ لِلْمَسْجِدِ) وَالْإِسْتِحْقَاقُ نَحْوُ (الْحَمْدُ
    للهِ).


    Huruf-huruf khafdh
    adalah:





    • مِنْ yang
      mempunyai beberapa makna. Di antaranya adalah permulaan. Contoh:
      سَافَرْتُ مِنَ الْقَاهِرَةِ (Aku bepergian dari Kairo).

    • إِلَى, di antara
      maknanya adalah berakhir. Contoh:
      سَافَرْتُ إِلَى الْإِسْكَنْدَرِيَّةِ
      (Aku bepergian sampai Iskandariyah).

    • عَنْ, di antara
      maknanya adalah melampaui. Contoh:
      رَمَيْتُ السَّهْمَ عَنِ الْقَوْسِ
      (Aku menembakkan panah dari busur).

    • عَلَى, di antara
      maknanya adalah di atas. Contoh:
      صَعَدْتُ عَلَى الْجَبَلِ
      (Aku naik ke atas gunung).

    • فِي, di antara
      maknanya adalah tempat. Contoh:
      الْمَاءُ فِي الْكُوزِ
      (Air itu ada di dalam bejana).

    • رُبَّ, di antara
      maknanya adalah jarang. Contoh:
      رُبَّ رَجُلٍ كَرِيمٍ قَابَلَنِي
      (Sedikit orang yang dermawan mau menerimaku).

    • Huruf ba`, di antara maknanya
      adalah menjadikan sebagai objek. Contoh:
      مَرَرْتُ بِالْوَادِي
      (Aku melewati lembah).

    • Huruf kaf, di antara maknanya
      adalah penyerupaan. Contoh:
      لَيْلَى كَالْبَدْرِ
      (Laila bagaikan rembulan).

    • Huruf lam, di antara maknanya
      adalah:


      • milik, contoh: الْمَالُ لِمُحَمَّدٍ
        (Harta ini milik Muhammad).

      • pengkhususan, contoh: الْبَابُ لِلدَّارِ، وَالْحَصِيرُ
        لِلْمَسْجِدِ
        (Pintu
        untuk rumah dan tikar untuk masjid).

      • istihqaq (menjadikan berhak),
        contoh:
        الْحَمْدُ
        لله
        (Segala puji untuk Allah).




    وَمِنْ حُرُوفِ الْخَفْضِ حُرُوفُ
    الْقَسَمِ، وَهِيَ ثَلَاثَةُ أَحْرُفٍ:


    Termasuk huruf khafdh
    adalah huruf sumpah, terdiri dari tiga huruf:


    الْأَوَّلُ: الْوَاوُ، وَهِيَ لَا
    تَدْخُلُ إِلَّا عَلَى الْإِسْمِ الظَّاهِرِ، نَحْوُ: (وَاللهِ)، وَنَحْوُ:
    (وَالطُّورِ وَكِتَابٍ مَسْطُورٍ)، وَنَحْوُ: (وَالتِّينِ وَالزَّيْتُونِ
    وَطُورِسِينِينَ).


    1. Huruf wawu. Huruf
    ini tidak masuk kecuali kepada isim zhahir. Contoh:
    وَاللهِ,
    وَالطُّورِ وَكِتَابٍ مَسْطُورٍ, dan وَالتِّينِ وَالزَّيْتُونِ
    وَطُورِسِينِينَ
    .


    وَالثَّانِي: الْبَاءُ، وَلَا
    تُخْتَصُّ بِلَفْظٍ دُونَ لَفْظٍ، بَلْ تَدْخُلُ عَلَى الْإِسْمِ الظَّاهِرِ،
    نَحْوُ: (بِاللهِ لَأَجْتَهِدَنَّ)، وَعَلَى الضَّمِيرِ، نَحْوُ: (بِكَ
    لَأَضْرِبَنَّ الْكَسُولَ).


    2. Huruf ba`. Huruf
    ini tidak dikhususkan untuk suatu lafazh saja. Bahkan huruf ini bisa masuk
    kepada isim zhahir, seperti
    بِاللهِ
    لَأَجْتَهِدَنَّ
    , maupun kepada
    dhamir, seperti
    بِكَ لَأَضْرِبَنَّ الْكَسُولَ.


    وَالثَّالِثُ: التَّاءُ، وَلَا
    تَدْخُلُ إِلَّا عَلَى لَفْظِ الْجَلَالَةِ، نَحْوُ: (وَتَاللهِ لَأَكِيدَنَّ أَصْنَامَكُمْ).


    3. Huruf ta`. Huruf
    ini tidak bisa masuk kecuali kepada lafazh jalalah, contoh:
    وَتَاللهِ لَأَكِيدَنَّ أَصْنَامَكُمْ.




  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

Contact form

Search This Blog

Design by - Blogger Templates | Distributed by Ydidaareldzikr

YAYASAN DAKWAH ISLAM DAAR EL DZIKR

MEMURNIKAN AQIDAH MENEBARKAN SUNNAH Berdasarkan Al-Qur'an, As-Sunnah, dengan pemahaman generasi terbaik para Shahabat ridwanullah 'alaihim jami'an, Ijma.

WhatsApp

Hot Posts

3/footer/recent