• Ambillah Manasik Hajimu Dariku (Sifat Haji Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam)






    AMBILLAH MANASIK HAJIMU DARIKU (SIFAT HAJI NABI SHALLALLAHU ALAIHI WA SALLAM







    Oleh


    Syaikh Abdul Azhim bin Badawi al-Khalafi







    Imam Muslim meriwayatkan dengan sanadnya dari Ja’far bin Muhammad
    dari ayahnya ia berkata, “Kami masuk menemui Ja-bir bin ‘Abdillah, ia
    bertanya tentang orang yang datang, hingga sampailah padaku, aku pun
    berkata, ‘Aku Muhammad bin ‘Ali bin Husain.’ Kemudian beliau mengarahkan
    tangannya ke kepala-ku, membuka baju luarku dan baju dalamku, serta
    meletakkan tangannya antara kedua putingku sedangkan aku pada saat itu
    adalah anak yang baru dewasa. Ia berkata, ‘Selamat datang wahai anak
    saudaraku, bertanyalah apa saja yang engkau kehendaki.’ Aku pun bertanya
    kepadanya, ia pada saat itu sudah buta. Waktu shalat pun datang, ia
    berdiri dengan pakaian yang diselimutkan (ke badannya), setiap ia
    meletakkan pakaian itu di atas pundak, ujung-ujungnya terlepas kembali
    karena sangat kecilnya pakaian tersebut, sedangkan selendang miliknya ia
    letakkan pada kayu tempat menggantung pakaian, beliau mengimami kami.
    Setelah itu aku berkata, ‘Beritahukanlah kepadaku tentang haji
    Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.’ Beliau pun mengisyaratkan
    dengan sembilan jarinya, dan berkata, ‘Sesungguhnya Rasulullah
    Shallallahu ‘laihi wa sallam tinggal (di Madinah), tidak pergi haji
    selama sembilan tahun, kemudian pada tahun kesepuluh diumumkan kepada
    halayak bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam akan berangkat
    melaksanakan haji. Datanglah ke Madinah manusiayang banyak, semuanya
    hendak mengikuti Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan mengerjakan
    seperti apa yang dikerjakannya. Kami pun keluar bersama Rasulullah
    Shallallahu ‘alaihi wa sallam hingga sampailah kami di Dzul Hulaifah. Di
    situ Asma binti ‘Umaisy melahirkan Muhammad bin Abi Bakar, kemudian ia
    mengirim pertanyaan kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam,
    ‘Apa yang harus aku lakukan?’





    Beliau menjawab:





    اِغْتَسِلِي، وَاسْتَثْفِرِي بِثَوْبٍ وَأَحْرِمِي.





    ‘Mandilah dan bercawatlah dengan kain (sebagai pembalut), kemudian berihramlah.’





    Setelah itu beliau shalat di masjid dan menunggang Qashwa (unta
    beliau) hingga apabila unta itu telah sampai di Baida’, aku memandang ke
    batas pandanganku di depan beliau dari para pengendara dan pejalan
    kaki, begitu pula di sebelah kanan, kiri dan belakang beliau. Rasulullah
    Shallallahu ‘alaihi wa sallam berada di tengah-tengah kami,
    kepadanyalah diturunkan al-Qur-an dan beliaulah yang mengetahui
    tafsirannya, apa yang beliau kerjakan kami kerjakan pula, beliau memulai
    dengan talbiyah (yang mengandung makna) tauhid:





    لَبَّيْكَ اللّهُمَّ لَبَّيْكَ، لَبَّيْكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ لَبَّيْكَ،
    إِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ.





    ‘Aku penuhi panggilan-Mu ya Allah, aku penuhi panggilan-Mu. Aku
    penuhi panggilan-Mu, tiada sekutu bagi-Mu, aku penuhi panggilan-Mu.
    Segala puji, nikmat dan kerajaan adalah milik-Mu, tiada sekutu bagi-Mu.’





    Manusia pun ikut bertalbiyah dengan talbiyah ini, yang mereka pakai
    bertalbiyah. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah
    menambah sedikit pun dari talbiyah ini, beliau terus mengulangi talbiyah
    ini.”


    Jabir Radhiyallahu anhu berkata lagi, “Kami tidak meniatkan kecuali
    haji, kami tidak mengenal umrah hingga kami sampai di Ka’bah bersama
    beliau mengusap hajar Aswad, beliau (thawaf sambil) berlari-lari kecil
    pada tiga putaran pertama dan berjalan pada empat putaran berikutnya,
    kemudian pergi ke Maqam Ibrahim Alaihissallam dan membaca:





    وَاتَّخِذُوا مِن مَّقَامِ إِبْرَاهِيمَ مُصَلًّى





    “… Dan jadikanlah sebagian maqam Ibrahim tempat shalat…’” [Al-Baqarah: 125]





    Beliau menjadikan Maqam Ibrahim berada antara beliau dan Ka’bah.





    Ayahku (ayah Ja’far si perawi, yaitu Muhammad) berkata, ‘Aku tidak
    mengetahui ucapan ini kecuali dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam.’
    Beliau membaca dalam shalat dua raka’at itu: قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ
    dan قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُوْنَ . Kemudian beliau kembali mengusap
    hajar As-wad. Setelah itu beliau menuju Shafa, ketika dekat dengan
    Shafa beliau membaca:





    إِنَّ الصَّفَا وَالْمَرْوَةَ مِن شَعَائِرِ اللَّهِ





    “Sesungguhnya Shafa dan Marwa adalah sebagian dari syi’ar Allah…” [Al-Baqarah: 158]





    أَبْدَأُ بِمَا بَدَأَ اللهُ بِهِ.





    “Aku memulai dengan apa yang dimulai oleh Allah.”





    Beliau pun memulai dari bukit Shafa, menanjakinya sampai beliau
    melihat Ka’bah dan menghadap Kiblat, kemudian beliau mengucapkan kalimat
    tauhid kepada Allah serta bertakbir, beliau berkata:





    لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكَ
    وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ، لاَ إِلهَ إِلاَّ
    اللهُ وَحْدَهُ، أَنْجَزَ وَعْدَهُ، وَنَصَرَ عَبْدَهُ، وَهَزَمَ
    اْلأَحْزَابَ وَحْدَهُ.





    “Tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah
    semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kerajaan, bagi-Nya
    segala puji dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Tidak ada ilah yang
    berhak diibadahi dengan benar selain Allah semata. Yang melaksanakan
    janji-Nya, membela hamba-Nya (Muhammad) dan mengalahkan golongan musuh
    sendirian.”





    Di sela-sela itu itu beliau berdo’a dan mengulangi bacaan ini tiga
    kali, kemudian beliau turun menuju Marwah hingga ketika kedua telapak
    kaki beliau menginjak perut lembah beliau berlari-lari kecil. Ketika
    beliau mulai naik menuju bukit Marwah beliau berjalan hingga sampai ke
    Marwah, di Marwah beliau mengerjakan seperti apa yang telah dikerjakan
    di Shafa, hingga Sa’i beliau berakhir di Marwah, beliau bersabda:





    لَوْ أَنِّي اسْتَقْبَلْتُ مِنْ أَمْرِي مَا اسْتَدْبَرْتُ لَمْ أَسُقِ
    الْهَدْيَ. وَجَعَلْتُهَا عُمْرَةً. فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ لَيْسَ مَعَهُ
    هَدْيٌ فَلْيَحِلَّ. وَلْيَجْعَلْهَا عُمْرَةً.





    ‘Seandainya aku mengetahui apa yang aku ketahui sekarang niscaya aku
    tidak akan membawa hewan sembelihan dan akan aku jadikan hajiku sebagai
    umrah. Barangsiapa di antara kalian yang tidak memiliki hewan kurban,
    hendaknya ia bertahallul dan menjadikan hajinya sebagai umrah.’





    Suraqah bin Malik bin Ju’syum berdiri dan bertanya, ‘Wahai
    Rasulullah, apakah untuk tahun ini saja atau untuk selamanya?’ Kemudian
    beliau menjalin jari-jeraminya satu dengan yang lain dan bersabda:





    دَخَلَتِ الْعُمْرَةُ فِي الْحَجِّ (مَرَّتَيْنِ) لاَ، بَلْ ِلأَبَدٍ أَبَدٍ.





    ‘Telah masuk umrah dalam haji.’ (Beliau mengulangnya dua kali) ‘Tidak, bahkan untuk selama-lamanya.’


    Kemudian ‘Ali datang dari Yaman membawa unta-unta Rasulullah
    Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan menjumpai Fathimah termasuk
    orang-orang yang bertahallul, memakai pakaian yang dicelup dan bercelak.
    ‘Ali pun mengingkari hal ini, Fathimah berkata, ‘Sesungguhnya ayahku
    memerintahkanku untuk melakukan hal ini.’”





    Berkata (Jabir, perawi hadits ini), “Ketika di ‘Iraq, ‘Ali berkata,
    ‘Kemudian aku pergi mengadukan apa yang diperbuat oleh Fathimah kepada
    Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, ia bertanya kepada beliau
    Shallallahu ‘alaihi wa sallam akan apa yang diceritakan Fathimah tentang
    beliau, aku juga menceritakan bahwa aku telah mengingkari apa yang
    dikerjakan Fathimah ini.’ Beliau bersabda:





    صَدَقَتْ صَدَقَتْ، مَاذَا قُلْتَ حِيْنَ فَرَضْتَ الْحَجَّ؟





    ‘Ia benar, ia benar. Apa yang engkau katakan ketika engkau mengerjakan haji?’


    Aku (‘Ali) mengatakan, ‘Ya Rabb-ku, aku berihram dengan apa yang diihramkan oleh Rasul-Mu.”





    Kemudian Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:





    فَإِنَّ مَعِيَ الْهَدْيَ فَلاَ تَحِلُّ.





    ‘Aku membawa hewan kurban, maka engkau jangan berta-hallul.’





    Berkata (perawi), ‘Hewan kurban yang terkumpul baik yang dibawa oleh
    ‘Ali Radhiyallahu anhu maupun yang dibawa oleh Nabi Shallallahu alaihi
    wa sallam, sebanyak seratus ekor.’”





    Berkata (perawi), “Semua jama’ah haji bertahallul dan memendekkan
    (mencukur) rambut mereka kecuali Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan
    orang-orang yang membawa hewan kurban.





    Ketika tiba hari Tarwiyah, mereka semua berangkat menuju Mina, mereka
    memulai manasik haji. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menaiki
    tunggangannya, kemudian (setelah tiba beliau) mengimami mereka shalat
    Zhuhur, ‘Ashar, Maghrib, ‘Isya’, dan Shubuh. Setelah shalat Shubuh
    beliau menunggu sebentar sampai terbit matahari, beliau meminta
    didirikan kemah untuk beliau di Namirah. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi
    wa sallam kemudian mulai bertolak, orang-orang Quraisy tidak meragukan
    kecuali beliau berhenti di Masy’aril Haram seperti yang dilakukan oleh
    orang-orang Quraisy pada zaman Jahiliyah, beliau telah melewati Mina dan
    menuju ‘Arafah hingga ketika sampai di (dekat) ‘Arafah beliau
    mendapatkan kemahnya telah di pasang di Namirah, beliau pun singgah di
    tempat tersebut. Ketika matahari telah tergelincir beliau memerintahkan
    agar untanya, al-Qashwa disiapkan, beliau pergi ke tengah-tengah lembah
    dan berkhutbah di tengah-tengah manusia, beliau bersabda:





    إِنَّ دِمَاءَكُمْ وَأَمْوَالَكُمْ حَرَامٌ عَلَيْكُمْ، كَحُرْمَةِ
    يَوْمِكُمْ هذَا، فِي شَهْرِكُمْ هَذَا، فِي بَلَدِكُمْ هٰذَا. أَلاَ كُلُّ
    شَيْءٍ مِنْ أَمْرِ الْجَاهِلِيَّةِ تَحْتَ قَدَمَيَّ مَوْضُوعٌ،
    وَدِمَاءُ الْجَاهِلِيَّةِ مَوْضُوعَةٌ، وَإِنَّ أَوَّلَ دَمٍ أَضَعُ مِنْ
    دِمَائِنَا دَمُ ابْنِ رَبِيعَةَ بْنِ الْحَارِثِ، كَانَ مُسْتَرْضِعًا فِي
    بَنِي سَعْدٍ فَقَتَلَتْهُ هُذَيْلٌ، وَرِبَا الْجَاهِلِيَّةِ مَوْضُوعٌ،
    وَأَوَّلُ رِبًا أَضَعُ رِبَانَا، رِبَا عَبَّاسِ بْنِ عَبْدِ
    الْمُطَّلِبِ. فَإِنَّهُ مَوْضُوعٌ كُلُّهُ. فَاتَّقُوْا اللهِ فِي
    النِّسَاءِ. فَإِنَّكُمْ أَخَذْتُمُوهُنَّ بِأَمَانِ اللهِ،
    وَاسْتَحْلَلْتُمْ فُرُوجَهُنَّ بِكَلِمَةِ اللهِ. وَلَكُمْ عَلَيْهِنَّ
    أَنْ لاَ يُوطِئْنَ فُرُشَكُمْ أَحَداً تَكْرَهُونَهُ. فَإِنْ فَعَلْنَ
    ذَلِكَ فَاضْرِبُوهُنَّ ضَرْباً غَيْرَ مُبَرِّحٍ. وَلَهُنَّ عَلَيْكُمْ
    رِزْقُهُنَّ وَكِسْوَتُهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ. وَقَدْ تَرَكْتُ فِيكُمْ مَا
    لَنْ تَضِلُّوا بَعْدَهُ إِنِ اعْتَصَمْتُمْ بِهِ. كِتَابُ اللهِ.
    وَأَنْتُمْ تُسْأَلُونَ عَنِّي. فَمَا أَنْتُمْ قَائِلُونَ؟





    “Sesungguhnya darah dan harta kalian haram atas kalian seperti
    keharaman hari ini, bulan ini dan negeri kalian ini. Ketahuilah
    sesungguhnya segala macam perbuatan Jahiliyah (yang telah lalu pada masa
    Jahiliyyah) di bawah kedua telapak kakiku telah dilupakan (tidak
    dihukum). Darah (pembunuhan) Jahiliyyah (yang telah lalu pada masa
    Jahiliyah) telah dilupakan (tidak dihukum). Darah (pembunuhan) pertama
    yang dilupakan (tidak dihukum) dari darah-darah kita adalah darah Ibnu
    Rabi’ah bin al-Harits, ia disusukan di Bani Sa’ad, lalu dibunuh oleh
    Hudzail. Riba Jahiliyyah (yang telah lalu pada masa Jahiliyyah) telah
    dilupakan. Riba petama yang dilupakan (tidak dihukum) adalah riba kita,
    riba ‘Abbas bin ‘Abdil Muththalib. Semuanya dilupakan (tidak dihukum).
    Bertakwalah kepada Allah mengenai (hak-hak) wanita, sesungguhnya kalian
    telah mengambil mereka dengan amanah dari Allah dan kemaluan mereka
    menjadi halal bagimu dengan kalimat (ijab kabul yang diperintahkan oleh)
    Allah. Hakmu atas mereka adalah mereka tidak boleh mengizinkan orang
    yang kalian benci menginjakkan kaki di rumah kalian, apabila mereka
    mengerjakan hal ini pukullah mereka dengan pukulan yang tidak menyakiti.
    Hak mereka yang menjadi kewajibanmu adalah memberi mereka nafkah dan
    pakaian yang pantas. Aku telah meninggal-kan di tengah-tengah kalian
    sesuatu yang apabila kalian ber-pegang teguh kepadanya kalian tidak akan
    tersesat; Kitabul-lah. Dan kalian akan ditanya tentang aku, apakah yang
    akan kalian katakan?’





    Para Sahabat menjawab, ‘Kami bersaksi bahwasanya engkau telah
    menyampaikan (risalah Rabb-mu), engkau telah menunaikan (amanah) dan
    telah menasehati (umat).’ Kemudian Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa
    sallam bersabda sambil mengacungkan telunjuk ke langit kemudian
    mengarahkannya ke khalayak:





    اَللَّهُمَّ اشْهَدْ، اللَّهُمَّ اشْهَدْ. ثَلاَثَ مَرَّاتٍ.





    ‘Ya Allah saksikanlah, ya Allah saksikanlah.’ Beliau mengucapkannya tiga kali.





    Setelah adzan dan iqamat beliau shalat Zhuhur, kemudian iqamat dan
    shalat ‘Ashar (qashar dengan jamak taqdim). Beliau tidak melakukan
    shalat apa pun lagi di antara keduanya. Lalu beliau menaiki kendaraan
    menuju ke tempat wukuf. Beliau merapatkan perut untanya al-Qashwa ke
    batu-batu besar. Beliau berhenti di jalan besar dan menghadap kiblat.
    Beliau terus wukuf hingga matahari terbenam, rona kuning sedikit demi
    sedikit mulai menghilang dan matahari benar-benar tenggelam. Beliau
    membonceng Usamah di belakang, kemudian mulai bertolak. Beliau
    mengencangkan kendali untanya sampai-sampai kepala unta itu menyentuh
    tempat duduk kendaraan. Beliau memberi isyarat dengan tangan kanannya
    sambil bersabda:





    أَيُّهَا النَّاسُ، اَلسَّكِيْنَةُ، اَلسَّكِينَةُ.





    “Wahai sekalian manusia, tetaplah tenang, tetaplah tenang.”





    Beliau mengendorkan tali kekang untanya sedikit demi sedikit hingga
    unta itu dapat berjalan mendaki. Setibanya di Muzdalifah beliau shalat
    Maghrib dan ‘Isya’ dengan satu kali adzan dan dua kali iqamat (qashar
    dengan jamak ta’khir), beliau tidak membaca tasbih apa pun di antara
    keduanya. Kemudian beliau berbaring hingga fajar terbit. Beliau shalat
    Shubuh ketika waktu Shubuh sudah tampak jelas dengan sekali adzan dan
    iqamat.





    Setelah itu beliau berangkat dengan untanya, al-Qashwa hingga ketika
    sampai di Masy’aril Haram beliau menghadap Kiblat, lalu membaca do’a,
    takbir dan tahlil kepada Allah. Beliau tetap berada di situ hingga
    terang benderang, lalu beliau bertolak sebelum matahari tebit. Beliau
    membonceng al-Fadhl bin ‘Abbas, dia adalah seorang laki-laki yang
    mempunyai rambut yang indah, berkulit putih dan tampan. Ketika
    Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bertolak lewatlah sejumlah
    wanita. Al-Fadhl memandangi mereka, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa
    sallam pun menutupi wajah al-Fadhl dengan tangannya. Al-Fadhl
    memalingkan mukanya ke arah lain untuk memandang mereka, Rasulullah
    Shallallahu ‘alaihi wa sallam pun memindahkan tangannya dari tempat tadi
    ke muka al-Fadhl ke arah yang ia memalingkan wajahnya hingga sampailah
    mereka di lembah al-Muhassir. Di situ Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa
    sallam mempercepat kendaraannya sedikit dan memilih jalan tengah yang
    keluar menuju Jumrah Kubra.





    Setibanya di Jumrah dekat pohon, beliau melempar tujuh kali dengan
    batu-batu kecil, di setiap lemparan beliau bertakbir, setiap biji batu
    ukurannya sebesar kelingking [1]. Beliau melempar dari tengah-tengah
    lembah itu. Kemudian beliau menuju tempat penyembelihan, beliau
    menyembelih enam puluh tiga hewan sem-belihan dengan tangannya sendiri,
    setelah itu beliau memberi sisanya kepada ‘Ali dan beliau menyertakan
    ‘Ali dalam sembelihan tersebut. Beliau kemudian memerintahkan agar
    mengambil sedikit dari setiap hewan-hewan sembelihan itu, kemudian
    dimasukkan dalam satu panci dan dimasak. Mereka berdua pun makan daging
    tersebut dan minum kuahnya.





    Lalu Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menaiki kendaraan
    menuju Baitullah (Ka’bah) untuk thawaf Ifadhah dan beliau shalat Zhuhur
    di Makkah. Beliau juga mendatangi Bani ‘Abdil Muththalib yang tengah
    memberi air minum dari air zamzam dan bersabda:





    اِنْزِعُوْا، بَنِي عَبْدِ الْمُطَّلِبِ فَلَوْلاَ أَنْ يَغْلِبَكُمُ النَّاسُ عَلَى سِقَايَتِكُمْ لَنَزَعْتُ مَعَكُمْ.





    “Timbalah air, wahai Bani ‘Abdil Muththalib, seandainya aku tidak
    khawatir manusia akan mengalahkan kalian dalam usaha mengambil air ini
    niscaya aku akan ikut mengambil air bersama kalian.”


    Mereka pun menyodorkan kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam setimba air dan beliau pun meminum air tersebut.”





    Berkata Imam an-Nawawi rahimahullah dalam Syarah Shahiih Muslim
    (VIII/170), “Ini adalah hadits yang mulia, mengandung beberapa pelajaran
    dan kaidah-kaidah penting yang berharga. Berkata al-Qa-dhi, ‘Para ulama
    telah banyak memperbincangkan kandungan fi-qih hadits ini. Dari hadits
    ini Abu Bakar al-Mundziri telah menulis satu juz kitab tebal, dan beliau
    telah mengambil dari hadits ini seratus lima puluh sekian macam hukum
    fiqh, seandainya didalami lagi niscaya akan lebih sedikit dari jumlah
    tersebut.’”





    [Disalin dari kitab Al-Wajiiz fii Fiqhis Sunnah wal Kitaabil Aziiz,
    Penulis Syaikh Abdul Azhim bin Badawai al-Khalafi, Edisi Indonesia
    Panduan Fiqih Lengkap, Penerjemah Team Tashfiyah LIPIA – Jakarta,
    Penerbit Pustaka Ibnu Katsir, Cetakan Pertama Ramadhan 1428 – September
    2007M]


    sumber : almanhaj.or.id


    _______


    Footnote


    [1]. Berkata Imam Muslim dalam kitab Syarh Shahiih Muslim (VIII/191),
    “Ada-pun perkataan beliau, ‘Beliau melempar tujuh kali dengan batu-batu
    kecil, di setiap lemparan beliau bertakbir, setiap biji batu sebesar
    kelingking.’ Se-perti inilah yang ada dalam naskah, demikian pula apa
    yang dibawakan oleh Al-Qadhi ‘Iyadh dari sebagian besar naskah, beliau
    berkata, ‘Yang benar sebesar kelingking,’ beliau juga berkata, ‘Demikian
    pula yang diriwayatkan oleh selain Imam Muslim dan sebagian perawi Imam
    Muslim.’ Inilah per-kataan Al-Qodhi.”


    Aku berkata, “Benar, lafazh yang ada di naskah naskah selian lafadz
    Imam Mulim seperti itu. Bahkan (lafazh) lainnya tidaklah memiliki
    kedudukan dan perkataan ini tidak akan sempurna kecuali dengan lafazh
    seperti ini. Sabda beliau “sebesar kelingking,” sebagai catatan bagi
    Al-hashayaat (batu-batu kecil), maksudnya: “Beliau melempar tujuh kali
    dengan batu-batu ke-cil sebesar kelingking, di setiap lemparan beliau
    bertakbir.” Perkataan: “Se-besar kelingking” bersambung dengan
    al-hashayaat, dan disisihi di antara keduanya kalimat pernyataan “di
    setiap lemparan beliau bertakbir.” Inilah yang benar, wallahu ta’aala
    a’lam.






  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

Contact form

Search This Blog

Design by - Blogger Templates | Distributed by Ydidaareldzikr

YAYASAN DAKWAH ISLAM DAAR EL DZIKR

MEMURNIKAN AQIDAH MENEBARKAN SUNNAH Berdasarkan Al-Qur'an, As-Sunnah, dengan pemahaman generasi terbaik para Shahabat ridwanullah 'alaihim jami'an, Ijma.

WhatsApp

Hot Posts

3/footer/recent